Pengertian Tentang Search Engine

Pengertian Tentang Search Engine

Pengertian Tentang Search Engine

Pengertian Mesin Pencari
Mesin pencari atau search engine merupakan website yang mengumpulkan dan mengelola konten dari seluruh bagian internet. Untuk memakainya, Anda hanya memasukkan apa yang ingin Anda cari lalu mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke konten pada website yang sesuai dengan apa yang dicari. Hasil halaman pencarian adalah search engine results page atau SERP, yang memberikan hasil kepada Anda dari konten yang paling relevan sampai tidak relevan. Cara mesin pencari dalam menentukan ranking memang berbeda-beda. Mesin pencari juga sering mengubah-ubah algoritma untuk meningkatkan user experience. Setiap search engine berfungsi untuk mengerti bagaimana perilaku pengguna menggunakan search engine dan memberikan mereka jawaban yang terbaik untuk pencarian mereka. Dengan begitu, search engine dapat memberikan jawaban yang berkualitas dan paling relevan.

Cara Kerja Mesin Pencari
Mesin pencari memakai program yang disebut spiders, robots, atau crawlers untuk mencari konten dari seluruh isi internet. Hasil pencarian crawler ini kemudian dipakai mesin pencari untuk membangun index internet. Sebagian besar mesin pencari akan memberitahukan kepada Anda tentang cara untuk meningkatkan peringkat halaman Anda di halaman hasil pencarian, algoritma yang mereka pakai dijaga dengan baik serta sering berubah untuk menghindari penyalahgunaan. Tetapi dengan anda mengikuti beberapa teknik optimasi mesin pencari (SEO) yang sudah terbukti, Anda bisa memastikan bahwa website Anda terindeks dengan baik dan tetap diperingkat teratas.
Search Engine Optimization (SEO)
Mungkin Anda yang sudah familiar dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO bisa diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ranking situs Anda di halaman hasil pencarian. Untuk mencapai ranking teratas, Anda perlu melakukan beberapa hal. Upaya ini terbagi menjadi dua yaitu strategi on page dan off page.
Cara Kerja Mesin Pencari

On page SEO
On page SEO merupakan segala hal yang berhubungan dengan apa yang ada di situs Anda. Faktor-faktor yang mempengaruhi on page SEO termasuk juga pengaturan teknikal, kualitas coding Anda, konten text dan gambar, serta seberapa user-friendly situs Anda. Karena on page SEO berkaitan dengan apa yang ada di situs Anda, tentu akan lebih mudah untuk Anda mengaturnya. Jika Anda membuat situs yang bagus, situs Anda akan mulai masuk peringkat Google. Selain itu, dengan anda fokus pada on page SEO, Anda juga telah membantu strategi off page SEO Anda sehingga kemungkinan situs Anda mendapat peringkat yang lebih tinggi lagi.

Off page SEO
Off page SEO merupakan faktor-faktor SEO yang berasal dari luar situs Anda. Misalnya, backlinks dari situs berkualitas lainnya, sosial media, serta kegiatan marketing di luar situs Anda. Jika Anda ingin fokus ke off page SEO, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mendapatkan backlink dari situs lain sebanyak-banyaknya. Tetapi perlu anda ingat bahwa situs yang menaruh URL ke situs Anda harus situs yang berkualitas. Semakin relevan link yang Anda dapatkan, semakin tinggi ranking situs Anda di Google.

Macam-macam Mesin Pencari

Google
Siapa yang tidak kenal dengan Google? Saat ini, Google merupakan mesin pencari yang paling banyak dipakai di dunia. Google memproses jutaan pencarian setiap hari. Search engine Google ada dalam 123 bahasa. Google mengumpulkan jutaan informasi dari user dan memakainya untuk menambahkan fitur untuk mesin pencarinya. Sebagai mesin pencari yang paling populer, Google telah mengontrol 90% pasar mesin pencarian. Ini menjadikan Google jauh lebih besar dibandingkan dengan kompetitor.
Bing
Bing merupakan search engine dari Microsoft. Sebelum adanya Bing, Microsoft mempunyai MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Bing merupakan search engine terbesar kedua di Amerika Serikat. Bing mengontrol 20%, di belakang Google yang mengontrol 64% dan Yahoo 12% dari seluruh volume pencarian di Internet.
Yahoo
Sebelum Google menguasai pasar mesin pencarian, Yahoo! merupakan salah satu mesin pencari terbesar dunia. Sejak tahun 2011, mesin pencarian Yahoo sudah dijalankan oleh Bing. Untuk saat ini, Yahoo merupakan mesin pencarian terbesar ketiga di Amerika setelah Google dan Bing.
Ask.com
Ask.com awalnya dikenal dengan nama Ask Jeeves. Ask.com memiliki format yang berbeda dengan search engine lainnya. Mesin pencari tersebut memiliki format tanya atau jawab dimana pertanyaan-pertanyaannya akan dijawab oleh user lainnya. Selain tanya atau jawab ada juga format polling.
DuckDuckGo
DuckDuckGo merupakan private search engine yang paling popular. Private search engine adalah mesin pencari yang tidak melacak user dan menampilkan halaman hasil pencariannya dengan memberi perlindungan tambahan. User bisa memakai DuckDuckGo tanpa munculnya advertisements atau iklan.
Yandex.ru
Menurut data dari situs Alexa, Yandex.ru merupakan salah satu dari 30 situs web paling populer di Internet. Selain itu, Yandex juga menempati posisi peringkat 4 dalam situs berbahasa Rusia. Yandex menampakkan diri sebagai perusahaan teknologi yang mengembangkan produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin. Menurut Wikipedia, Yandex telah mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *