Alasan Mengapa Domain ID Membutuhkan Syarat Khusus

Alasan Mengapa Domain ID Membutuhkan Syarat Khusus

hal yang harus diperhatikan dalam memilih hosting

Di sini, kamu juga bisa memilih ekstensi domain yang ingin kamu gunakan, mulai dari .com,.net, .asia, .info, .org hingga .ID. Semua ekstensi bisa kamu pilih sesuai keperluan akan usahamu. Saat ini banyak sekali perusahaan menggunakan ekstensi .com karena dianggap lebih umum dan lebih global. Padahal, dengan menggunakan ekstensi lokal Indonesia yang sering disebut dengan ekstensi .ID, kamu bisa memperoleh manfaat yang cukup menakjubkan dan tak disangka-sangka. Ekstensi yang menunjukkan bahwa perusahaanmu berada di wilayah Indonesia adalah dengan ekstensi ID. ID sendiri merupakan singkatan dari kata Indonesia. Mungkin masih banyak orang yang lebih memilih .com dibandingkan dengan .ID, padahal jika kamu menggunakan ekstensi lokal maka kemungkinan besar situsmu tampil di laman pencarian juga lebih besar pula. Salah satu hal yang memuat ekstensi .ID tak begitu diminati adalah syarat pembuatan yang cukup rumit jika dibandingkan dengan ekstensi lainnya. Namun, jika kita mau melihat menfaat dan kelebihan ekstensi ini dibandingkan dengan ekstensi lainnya. Maka sebagaian besar dari kamu pasti akan memutuskan untuk menggunakan domian dengan ekstensi .id.

Syarat-syarat untuk membuat domain dengan ekstensi .ID
Beberapa hal yang harus kamu sertakan dalam membuat domain dengan ekstensi lokal Indonesia ini adalah:
Surat keterangan pendirian lembaga (bisa dari Kementrian atau lembaga yang berwenang sesuai peraturan yang telah ditetapkan Undang-Undang).
KTP.
Surat izin operasional (khusus untuk perusahaan).
Mengapa ekstensi .ID butuh banyak dokumen?
Menurut ketua PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), Sigit Widodo, hal ini dimaksudkan agar seluruh perusahaan yang menggunakan ekstensi .ID lebih dapat dipercaya jika dibandingkan dengan ekstensi lainnya. Selain itu, domain dengan ekstensi .ID juga dianggap lebih transparan karena menyertakan identitas lembaga atau pemiliknya. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir tindak penipuan yang memang banyak terjadi akhir-akhir ini. Jika nantinya diketahui bahwa domain dengan ekstensi. ID ketahuan melanggar hukum, maka PANDI bisa dengan mudah akan melakukan suspend domain. Bahkan, PANDI bisa menghapus domain .ID yang telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan hukum. Jika perusahan dengan ekstensi .ID tersebut merupakan toko online, maka kamu akan lebih percaya bukan. Selain itu, keuntungan SEO yang bisa membuat situsmu masuk ke dalam daftar teratas pencarian Google juga menjadi nilai plus yang layak dipertimbangkan. Maksudnya, sistem akan dengan mudah mengenali website milikmu dan meletakkannya ke dalam daftar teratas pencarian jika keywords yang dimasukkan seseorang sesuai dengan konten dan nama websitemu sendiri. Dengan nama website yang selalu muncul di daftar teratas maka semakin besar pula minat dan kunjungan ke website milikmu.
Mahal? Tidak juga
Telah menjadi rahasia umum jika segala sesuatu yang menawarkan keamanan dan kepercayaan lebih membutuhkan banyak pengorbanan. Inilah yang dibangun dan mencari ciri khas ekstensi .ID. Dengan kenyamanan dan tingkat keamanan yang tinggi tentu saja harga ekstensi .ID cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan ekstensi lain. Mahal? Tidak juga. Jika kamu mau melihat dari banyaknya manfaat yang dipersembahkan oleh ekstensi lokal yang satu ini. Macam-macam domain dengan ekstensi .ID Saat ini, setidaknya ada 11 DTD .ID yang bisa kamu pilih sesuai keperluan. Beberapa di antaranya adalah co.id, web.id, or.id, sch.id, net.id, ac.id, biz.id, desa.id, my.id, mil.id, dan go.id.

Co.id
Domain ini sering dipakai untuk keperluan perusahaan. Namun, tak sedikit pula yang menggunakannya untuk bisnis dan website portofolio.
Or.id
Or sendiri adalah singkatan dari Organisasi. Jadi, banyak sekali organisasi yang menggunakan domain dengan ekstensi ini. Jika sebuah organisasi memilih ekstensi .ID ini, maka bisa dipsatikan jika organisasi tersebut bukanlah sebuah organisasi abal-abal yang bersiap untuk menipun orang.
Ponpes.id
Untuk kalian yang mengeola pondok pesatren maka kamu bisa memilih ekstensi ini. Kamu hanya perlu menambahkan nama pondok pesantren yang kamu urus di depan ponpes.id (ex: alhidayah.ponpes.id). Dengan begitu, orang akan lebih percaya bahwa pondok pesatrenmu benar-benar ada dan tidak fiktif. Cocok banget buat kamu yang ingin mendirikan pondok pesatren dan sedang mencari inverstor untuk pengembangannya.
Sch.id
Kalau domain yang menggunakan ekstensi semacam ini bisa dilakukan oleh sekolah-sekolah yang membutuhkan website demi menunjang kinerjanya.
Ac.id
Untuk kamu yang membutuhkan website yang membahas segala sesuatu tentang pendidikan bisa menggunakan domain dengan ekstensi ac.id. Bahkan, ekstensi ini banyak digunakan oleh universitas-universitas ternama untuk memberi layanan kepada para mahasiswa dan calon mahasiswanya.
Desa.id
Sesuai dengan namanya, jika suatu desa menginginkan website sebagai sarana pemberian informasi dan memberi layanan kepada warganya. Domain dengan ekstensi desa.id bisa dipilih. Nah, itulah beberapa alasan mengapa ekstensi .id layak dijadikan ekstensi websitemu selanjutnya. Mahal dan sedikit ribet memang. Namun ekstensi ini akan membuat profil perusahaanmu lebih dipercaya dan terpercaya. Sebab, jika website dengan ekstensi .id ini melakukan pelanggaran, PANDI akan menghukumnya dengan memberi suspend sampai menghapus apa yang telah dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *