Kegunaan artikel untuk website

Kegunaan artikel untuk website

Manfaat penting membuat artikel blog untuk website anda

Masih banyak yang sering menemui pemilik website sangat kurang peduli dengan konten artikel blog untuk websitenya. Semoga saja hal tersebut dikarenakan masih belum tahu seberapa penting nya konten artikel blog itu, semoga saja kita bisa lebih mengetahui setelah membaca ini,

Banyak pembuat website yang tidak mencantumkan artikel untuk websitenya. Kecuali karena mereka memang tidak tahu atau mungkin mereka tidak peduli dengan audiens websitenya, atau juga karena tidak menginginkan banyak traffic, jadi mungkin hanya sekedar membuat website profile atau portofolio.

Sebagai Digital Marketer, website adalah media yang sangay penting dan menarik untuk mencari traffic pengunjung sebanyak mungkin, sehingga semakin banyak peluang mendapatkan leads/prospek dan sales dari visitor tersebut. Semakin banyak traffic semakin banyak kita berpeluang mendapat leads.

1. Mendapatkan ide, masukkan atau feedbackdari pengunjung sebelum anda meluncurkan produk

Manfaat menulis artikel untuk toko online anda yang terpenting pertama adalah mendapatkan banyak ide dari pembaca setia blog toko online anda. Anda dapat membuat artikel blog yang berupa review atau kisi-kisi yang membahas tentang bagaimana produk yang akan anda luncurkan tersebut. Dengan adanya feedback dari pengunjung yang selalu mampir di situs website anda, anda dapat mengukur  seberapa sukses produk anda ketika telah diluncurkan nanti nya. Setelah anda mendapatkan banyak tanggapan tentang produk Anda yang akan diluncurkan tersebut, pilah beberapa tanggapan atau komentar yang paling sesuai dengan pemikiran anda. Kemudian Anda dapat berpikir ulang tentang ide produk yang akan laris di pasaran nanti sesuai dengan opini pembaca.

2. Menulis artikel akan meningkatkan ranking situs pengunjung web toko online anda pada mesin pencari.

Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat menulis artikel untuk toko online Anda juga salah satunya yaitu dapat meningkatkan hasil pencarian situs web Anda di antara milyaran situs web lainnya. Banyaknya artikel baru yang rutin Anda publikasikan merupakan pendorong utama mesin pencari. Anda juga dapat memaksimalkan artikel untuk meningkatkan SEO situs web Anda dengan membagikan artikel yang telah Anda buat ke berbagai social media dan forum online.

3. Mengembangkan gaya penulisan artikel blog yang efisien, efektifdan menarik.

Sebuah artikel yang baik pasti memiliki pesan yang singkat dan jelas, karena menulis artikel merupakan kunci untuk setiap komunikasi berbisnis. Semakin banyak dan seringnya anda membuat artikel di blog toko online website anda, semakin terasah pula gaya penulisan dan gaya bahasa anda sehingga selalu tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh pembaca anda. Selain dapat mengembangkan gaya penulisan yang efisien dan efektif, anda juga dapat membangun interaksi dengan pengunjung situs web Anda.

4. Memudahkan anda dalam membangun komunitas untuk pelanggan.

Dengan adanya artikel blog menarik yang sering kali anda bagikan tentu membuat pembaca anda yang semakin hari semakin bertambah. Jangan lepaskan pembaca setia Anda begitu saja. Ajaklah mereka ke dalam sebuah forum khusus atau grup BBM untuk membangun komunitas pelanggan baik itu hanya sekadar pembeli atau bahkan untuk yang berminat menjadi reseller dalam bisnis Anda. Hal ini tentu saja menjadi manfaat karena menulis artikel untuk toko online anda yang terbukti sangat menguntungkan toko online anda.

5. Menjadikan artikel di blog toko online sebagai langkah pertama dalam berkontribusi langsung dengan orang-orang di social media.

Setiap artikel di blog memerlukan sebuah promosi yang berbeda dan juga khusus untuk berbagai social media yang anda miliki, sehingga menjadi perhatian khusus agar anda bisa belajar langsung tentang bagaimana cara berpromosi di social media seperti Facebook, Twitter, Instagram bahkan juga Youtube. Apabila anda ingin membuat website atau membuat toko online, Anda dapat merasakan sendiri mudahnya menggunakan tombol share pada artikel yang Anda buat sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyalinnya satu per satu pada social media yang Anda miliki. Hal ini merupakan sebuah solusi untuk membuat website dengan harga yang murah dan mudah untuk digunakan.

6. Memudahkan calon investor untuk menemukan usaha Anda.

Ini merupakan manfaat menulis artikel yang paling dinanti-nanti. Artikel di blog toko online adalah cara yang bagus bagi calon mitra bisnis untuk menemukan satu sama lain dan membangun hubungan secara online sebelum akhirnya masuk ke negosiasi yang lebih lanjut. Usahakan artikel pada blog toko online anda dapat menjangkau lebih jauh dan lebih luas daripada saluran jaringan bisnis tradisional dan konferensi industri umumnya.

7. Manfaat menulis artikel untuk toko online

Tidak serta merta dapat dirasakan pada hari itu juga. Membuat website atau toko online dan membagikan artikelnya setiap hari tentunya akan membuat anda dapat merasakan berbagai manfaatnya. Selain dengan menulis artikel blog, anda juga dapat memperbanyak kunjungan ke website atau blog lain (blogwalking) dengan mulai untuk memberikan komentar atau berkenalan dengan website atau blog lainnya. Keakraban yang timbul sesama pengguna internet yang baik juga bisa berpengaruh terhadap kunjungan dan komentar pada artikel anda. Hal ini merupakan feedback yang bisa didapatkan dari kegiatan blogwalking tersebut.

8. Support konten ke sosial media

Kadang bingung harus mengisi konten sosial media dengan pembahasan apa. Artikel publish di blog bisa dishare di akun sosial media. Jadi mendapatkan 2 manfaat, update sosmed dan bisa mendapatkan pengunjung dari sosmed yang tertarik dengan artikel yang dibagikan, apalagi jika mendapatkan share. Karena aktivitas sosial media saat ini sangat penting, bisa dibilang wajib untuk yang menggunakan digital marketing untuk bisnis.

9. Meningkatkan otoritas bisnis anda

Dengan artikel-artikel yang memang spesifik di bidang niche bisnis maka orang bisa lebih percaya bahwa anda adalah ahlinya. Sebagai contoh misalnya bisnis otomotif, dengan banyaknya konten artikel yang membahas berbagai macam informasi mobil atau motor, mulai dari harga, spesifikasi, spare part, tes drive yang benar-benar dalam dan spesifik. Dengan banyak konten artikel yang berkualitas maka secara tidak langsung orang akan lebih percaya bahwa anda lah ahlinya.

10. Meningkatkan konversi bisnis

Bahkan banyak sumber jika ingin meningkatkan penjualan tetapi tidak bisa menambah artikel blog, maka lebih baik berhenti menggunakan website. Kembali ke nomer 1 soal traffic, jika website anda stuck dengan jumlah artikel atau bahkan tidak bertambah, artinya variasi kata kuncinya juga tidak bertambah, bahkan berpeluang berkurang karena perubahan search engine.

Konversi adalah jumlah sales yang dihasilkan dari visitor, semakin banyak visitor maka peluang konversi semakin tinggi. Jika setiap 100 visitor bisa mendatangkan 1 konversi, maka anda tinggal memperbanyak visitor menjadi 200,300 dst.

11. Saling mensupport antar halaman website

Bahkan termasuk ke halaman produk penawaran yang biasa disebut content marketing. Misalnya dengan menulis ini saya menawarkan kepada anda jasa content marketing, untuk membantu membuatkan artikel content yang berkualitas. Link-link tautan itulah yang bisa saling mensupport satu halaman dengan yang lain.

12. Meningkatkan jumlah leads atau prospek

Meskipun memang bisa dibilang banyak artikel dan visitor tidak berarti tambah banyak prospek customer.Masih ada beberapa hal untuk memenuhi leads, seperti persuasion web, copywriting, dan riset kata kunci yang menjual.

Namun ketika semua itu sudah dimaksimalkan, dan visitor sudah maksimal. Misalkan di angka 1000 per hari, dengan rata-rata leads 10 orang per hari, cara apalagi yang bisa dilakukan jika ingin meningkatkan leads?

“Menurut Hubspot, bisnis dengan konten 401-1000 halaman artikel mendapatkan 6x lebih banyak lead dibandingkan dengan 51-100. Secara sederhana, semakin banyak artikel blog Anda, semakin banyak prospek yang Anda hasilkan (Forbes)

13. Meningkatkan score SEO

Selama pengalaman kami sangat sulit mengoptimasi website tanpa artikel dan bisa dibilang tidak mungkin bisa. Google mengindeks dan menghitung jumlah kata di dalam sebuah website yang sesuai dengan kata kunci yang dioptimasi, semakin banyak, semakin relevan saling bertautan maka semakin bagus.

Praktisi manapun akan memberi saran jika ingin SEO website yang bagus maka buatlah banyak artikel yang berkualitas, karena pada dasarnya halaman search Google adalah layanan penyajian artikel untuk audiens.

14. Membuat website anda selalu “fresh”

Di mata visitor dan juga search engine Google. Sudah menjadi hal yang umum semua orang suka sesuatu yang fresh dan baru.

Robot Google juga seperti itu, mereka suka dengan website yang rutin update artikel berkualitas. Bahkan anda sering membuka halaman website berita karena selalu memberikan artikel yang baru.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *