Plugin A/B Testing Untuk Optimasi Situs WordPress

Plugin A/B Testing Untuk Optimasi Situs WordPress

plugin A/B Testing Untuk Optimasi Situs WordPress

Pengertian A/B Testing (Split Testing)
A/B testing merupakan sebuah pengetesan terhadap blog atau website dengan cara meluncurkan dua versi yang berbeda, perbedaan ini bisa berupa konten, desain, atau berupa bagian lain pada website dengan tujuan untuk dapat mengetahui versi atau bagian mana yang dapat memberikan hasil yang paling baik untuk anda. Dengan anda melakukan pengetesan ini, maka anda bisa menjadi lebih mudah dalam menentukan sebuah keputusan dengan berbasis pada data yang valid. Sebelum anda menjalankan proses A/B testing ini, anda harus menentukan terlebih dahulu mengenai apa tujuan yang ingin anda capai. Contohnya yaitu seperti untuk menurunkan tingkat bounce rate, meningkatkan konversi penjualan, meningkatkan CTR, atau anda juga bisa ingin meningkatkan ketiga hal tersebut secara sekaligus. ketiga tujuan tersebut merupakan bagian yang terpenting untuk memulai sebuah pengujian terhadap web atau situs wordpress anda.

Berikut ini adalah 5 plugin A/B testing untuk situs WordPress anda, diantaranya yaitu :

  1. Simple Page Tester
    Simple Page Tester memungkinkan Anda untuk bisa melakukan Split Testing pada situs WordPress anda tanpa harus mengubah kode pada situs Anda. Plugin ini dirancang sederhana dengan tiga tahap proses, yaitu :
    Edit halaman yang ingin dilakukan A/B testing.
    Klik Setup Split Test dan edit variasi.
    Klik Declare Winner.
    Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai efek split testing pada SEO karena pengetesan yang dijalankan akan dianggap sementara oleh Google.
  2. Marketizator
    Selanjutnya ada plugin Marketizator yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengujian split testing dan survey online guna untuk mengetahui apa yang diinginkan visitor atau pengunjung web serta membuat banner dengan pesan yang relevan sesuai dengan pengunjung website Anda. Anda pun tidak memerlukan pengetahuan teknis untuk bisa menggunakannya. Yang anda perlukan hanya membuat akun, dan memulai instalasi, serta menyalin tracking code ke dalam plugin. Berbekal plugin ini, Anda akan dengan mudah untuk mengubah pengunjung menjadi calon pelanggan atau pembeli produk/jasa yang Anda jual melalui website. Menariknya lagi, plugin ini bersifat free atau gratis digunakan bagi Anda yang memiliki situs hingga maksimal 10.000 pengunjung/bulan.
  3. Engagement Grower
    Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya para pengunjung suka berlama-lama berada di situs Anda. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan fitur related post/postingan terkait pada bagian bawah artikel. Untuk membuat fitur related post, Anda dapat menggunakan plugin wordpress bernama Engagement Grower. Plugin ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui related post mana yang paling disukai oleh pengunjung.
  4. Nelio AB Testing
    Nelio AB Testing merupakan plugin yang memiliki banyak fitur yang berguna untuk melakukan berbagai macam pengujian pada web Anda. Beberapa hal di antaranya misalnya seperti menentukan, mengatur, dan melacak split testing yang Anda lakukan. Segalanya perlu Anda lakukan pengujian tanpa terkecuali. Anda dapat menguji pilihan nama, gambar, dan deskripsi produk yang dijual. Selain itu, Anda juga dapat memastikan apakah tombol yang ada telah berfungsi dengan baik, hingga tindakan pengunjung setelah mengunjungi landing page apakah langsung menuju ke halaman daftar harga atau tidak. Hingga Efek pada tindakan pengunjung ketika Anda mengganti background pun dapat Anda ketahui dari sini.
  5. Plugin A/B Image Optimizer
    Bagi Anda yang ingin melakukan pengujian pada featured image mana yang lebih menarik perhatian para pengunjung, Anda dapat mencoba Plugin A/B Image Optimizer ini. Seperti yang telah Anda ketahui, gambar merupakan faktor yang cukup penting pada sebuah web, terutama untuk jenis web e-commerce. Plugin ini dapat membantu Anda dalam melakukan pengujian dengan dua jenis featured image pada postingan, halaman, dan produk WooComerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *