Website

Website

Situs web dalam bahasa Inggris artinya adalah website. Situs web merupakan sekumpulan halaman-halaman web yang saling berhubungan. Situs web berisikan kumpulan-kumpulan informasi yang disediakan secara per-orang, kelompok, maupun kumpulan organisasi. Situs web biasanya ada pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan Internet ataupun Jaringan Area Lokal (LAN) melalui URL. Semua situs yang dapat diakses dunia tergabung di dalam World Wide Web atau lebih dikenal dengan WWW. Meskipun halaman beranda situs Internet sebenarnya dapat diakses secara bebas, tetapi tidak semua situs di internet memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, ada beberapa situs web yang mewajibkan pengunjung untuk melakukan sign-in untuk menjadi anggota, atau bahkan ada juga yang meminta pembayaran untuk menjadi anggota agar dapat mengakses isi yang ada dalam situs web tersebut.

Pembatasan ini umumnya dilakukan untuk menjaga keamanan, menghormati privasi, atau juga karena tujuan komersial tertentu. Dari bentuk dasarnya, website dibagi menjadi dua, yaitu website statis dan website dinamis, sementara dari fungsinya website dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  1. Company Profile
  2. E-Commerce
  3. Archive
  4. Dating
  5. Government
  6. Personal
  7. Entertainment
  8. News Portal
  9. Blog
  10. Community
  11. Educational
  12. Search Engine
  13. Gallery
  14. Social Media
  15. Social Bookmarking
  16. Social News

Jenis website berdasarkan bentuknya

Sebelum memulai pembuatan website seorang web designer akan menanyakan tujuan Anda membuat website. Apakah akan digunakan sebagai blog pribadi, company profile, toko online, portal berita dan sebagainya.

Pertanyaan ini bertujuan untuk menentukan apakah website Anda membutuhkan halaman statis atau dinamis berdasarkan seberapa sering informasi pada website tersebut akan diperbaharui.

1. Website Statis

Pada website statis, ia tidak akan mengalami perubahan, baik itu konten atau isi website maupun layout website saat terjadi suatu proses permintaan dari data ke web server. Halaman website statis biasanya hanya akan berubah jika orang yang  mengelola website itu sendiri yang melakukan suatu perubahan terhadap konten websitenya secara manual.

Perubahan pada website statis biasanya dilakukan menggunakan bantuan program text editor atau program desain website seperti Adobe Dreamweaver. Setiap informasi yang ditampilkan di website statis selalu diatur dengan bahasa markup seperti HTML. Jadi jika dibutuhkan suatu perubahan sekecil apapun, maka hanya dapat dilakukan oleh web designer atau web programmer.

Pada halaman website statis itu sangat jauh lebih sederhana, website statis cenderung lebih aman dari berbagai serangan para hacker, website statis tidak rentan dari banyak kesalahan teknis, dan website statis akan lebih mudah dibaca oleh mesin pencari (search engine) seperti contohnya Google.

Kelebihan pada Website Statis :

  • Cepat untuk dikembangkan
  • Efisien untuk dikembangkan
  • Efisien saat disimpan pada web hosting

Kekurangan pada Website Statis :

  • Membutuhkan tenaga ahli khusus untuk melakukan perubahan
  • Situs menjadi kurang bermanfaat bagi pengunjung
  • Konten website yang usang

2. Website Dinamis

Website dinamis adalah suatu website yang memiliki konten yang dapat beradaptasi menyesuaikan interaksi dari para pengunjung webiste. Perubahan website dinamis pada data dijalankan sendiri oleh aplikasi secara berkala, seperti pada website berita. Perubahan-perubahan tersebut dapat dilakukan dengan teknik client-side scripting, dan menggunakan bahasa pemrograman web seperti Javascript, ActionScript, DHTML.

Dengan teknik client-side scripting, suatu konten pada halaman website dinamis bisa dirubah dengan cepat pada komputer, dan juga pengunjung tanpa harus meminta halaman baru ke web server.

Kebanyakan, website dinamis dikembangkan dan dijalankan pada web server dengan bahasa pemrograman server-side scripting ASP, JSP, Perl, PHP, Python. Baik itu bahasa pemrograman client maupun server-side biasanya digunakan pada website yang selalu mengalami perubahan konten dan memiliki fitur interaktif yang kompleks.

Website dinamis menawarkan fleksibilitas yang lumayan banyak, tapi proses untuk menjalankan halaman website dengan gabungan konten yang unik pada setiap halaman membutuhkan web server yang canggih dan berkecepatan tinggi. Bahkan server yang memadai pun bisa kewalahan jika mendapatkan banyak permintaan data dari website dinamis dalam waktu yang singkat. Dan juga konten dalam website dinamis harus dioptimasi secara khusus agar lebih ramah dengan search engine, ini merupakan kekurangan lain dari website dinamis.

Keuntungan pada Website Dinamis :

  • Memiliki banyak fitur tambahan
  • Lebih mudah untuk dikembangkan
  • Lebih mudah menambah konten baru yang menarik pengunjung dari search engine
  • Memiliki fitur yang memudahkan pengelola dan pengguna untuk bekerjasama

Kekurangan pada Website Dinamis :

  • Membutuhkan waktu lama dan dana lebih untuk pengembangan
  • Membutuhkan biaya hosting lebih mahal

Mayoritas website dari era awal internet memiliki desain statis, tapi kini semakin banyak orang yang sadar akan banyak kelebihan website dinamis. Website dinamis memiliki fitur lebih banyak dan juga memberikan kesan profesional dan pengalaman menarik bagi pengunjung website Anda.

Jenis website berdasarkan fungsinya :

Sementara berdasarkan fungsi dan kegunaan yang lebih spesifik, jenis-jenis website dibagi lagi menjadi beberapa jenis, berikut daftarnya:

1. Company Profile

Company profile merupakan website sederhana yang tentu saja statis, biasanya dibuat oleh perusahaan untuk menampilkan informasi bisnis mereka seperti produk atau jasa, visi misi, dan halaman kontak.

Biasanya, website company profile lebih fokus kepada desain tampilan website yang menawan namun informasi yang dibutuhkan pengunjung tetap ditampilkan dengan jelas.

2. E-Commerce

E-Commerce adalah website yang memiliki fitur untuk melakukan aktivitas jual beli produk atau jasa melalui internet. Website E-Commerce memiliki fitur yang bisa menggantikan fungsi pada toko offline seperti menampilkan produk, pengecekan ketersedian produk, pemesanan dan transaksi online.

3. Archive

Website jenis ini digunakan untuk melestarikan atau menyimpan konten elektronik yang terancam akan hilang. Contohnya adalah Internet Archive yang sejak tahun 1996 telah menyimpan dengan baik miliaran halaman website.

Contoh lainnya adalah Google Groups yang pada awal tahun 2005 telah mengarsip lebih dari 845 juta pesan yang diposting ke grup-grup diskusi online.

4. Dating

Website ini merupakan tempat bagi para pengguna untuk menemukan seseorang yang bisa menjadi pasangan dalam hubungan jangka panjang, kencan, pertemuan singkat ataupun persahabatan.

Banyak website yang membebankan biaya tertentu namun ada pula website yang memberikan layanan ini secara gratis. Sebagian besar website dating juga memiliki fungsi sebagai website jejaring sosial.

5. Government

Website resmi milik pemerintah lokal, negara bagian, departemen pemerintahan atau pemerintah nasional suatu negara. Biasanya website resmi ini juga mengoperasikan website lainnya yang bertujuan untuk memberi informasi mengenai suatu daerah berikut dengan peraturan-peraturan di dalamnya.

6. Personal

Website jenis ini merupakan website milik individual atau kelompok kecil yang berisikan informasi atau konten yang memang diinginkan oleh pemilik website.

Contohnya saja website milik seorang selebriti besar yang dijalankan oleh humas atau sebuah instansi.

7. Entertainment

Jika anda mencari website yang berhubungan dengan hiburan (entertainment), maka yang akan anda sering temui adalah website promosi, website game online, website film/bioskop, dan website untuk sebuah group band atau penyanyi.

8. News Portal

News Portal merupakan sebuah website yang khusus menyajikan informasi berita kejadian, politik, opini dan sebagainya.

9. Blog

Banyak blogger menggunakan blog untuk menuangkan ide dan ekspresi mereka tentang berbagai hal, mulai dari politik hingga ke pembahasan video game.

10. Comunity

Sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan komunitas atau berbagi informasi antar anggota forum. Contoh situs ini antara lain Kaskus, Bersosial dan Ads-id ( ini tempat ngumpulnya teman- teman blogger yang keren dan para pelaku bisnis internet di Indonesia ).

11. Education

Website edukasi atau pendidikan adalah situs online yang menjadi media informasi dari sebuah lembaga pendidikan. Mulai dari strutkur tertinggi dalam sistem pendidikan Indonesia yaitu kemdikbud dan kemenag memiliki website pendidikan tersendiri. Kemudian turun ke bawah, yaitu dinas pendidikan provinsi dan kabupaten juga memiliki website pendidikan. Bahkan tingkat sekolah, saat ini sudah banyak juga yang memiliki website pendidikan.

Tujuan dari pembuatan website pendidikan tidak lain adalah sebagai media informasi lembaga pendidikan agar khalayak tahu tentang lembaga pendidikan tersebut. Kyalayak tahu tentang profil lembaga pendidikan, visi misi lembaga pendidikan, program unggulan dari sebuah lembaga pendidikan, prestasi lembaga pendidikan dan lainnya.

Cara Membuat Webiste Pendidikan

Cara membuat website pendidikan terbilang sangat mudah, namun tentu saja harus didukung oleh sumber daya manusia yang mengetahui tentang seluk belum website. Paling tdak harus tahu tentang cara membeli hosting dan domain; tahu bagaimana cara membuat sebuah domain untuk mewakili lembaga pendidikan tersebut.

Domain yang danjurkan untuk digunakan dalam membuat website pendidikan untuk tingkat satuan pendidikan atau sekolah adalah SCH.ID, namun untuk lembaga pendidikan tingkat dinas bisa menggunakan domain GO.ID

12. Search Engine

Mesin pencari web atau mesin telusur web ( web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.

Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritme kepemilikan dan basis data tertutup, diantaranya yang paling populer adalah safari ,Google, MSN Search dan Yahoo!

13. Galerry

Sebuah website yang berisi publikasi hanya untuk gambar dan foto secara online. Website ini hanya membahas seputar gambar. Contoh situs ini adalah Picasa, Pixabay dan Flickr.

14. Sosial Media

Media sosial adalah sebuah media online yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan komunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Path, Instagram, myspace dan twitter. Jika media tradisional menggunakan media ceak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan member kontribusi dan feedback / umpan balik secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja. Karena kecepatan media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang bisa memiliki media sendiri. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dan jejaring internet. Kita sebagai pengguna sosial media dengan bebas mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis dan berbagai model content lainnya.

Media sosial mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

  1. Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  2. Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  3. Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainny.
  4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaks.

15. Media bookmarking

Social bookmarking merupakan salah satu metode Search Engine Optimization (SEO) yang mendongkrak trafik atau jumlah kunjungan ke sebuah situs. Pada awalnya lebih banyak digunakan pengguna internet sebagai wadah saling berbagi informasi dari berbagai sumber dunia maya, tetapi belakangan ini justru dimanfaatkan para pemilik situs untuk keperluan SEO.

Social bookmarking lazim disebut sebagai tagging. Umumnya digunakan di blog, penulis situs melampirkan deskripsi kata kunci (disebut tag) untuk mengidentifikasi gambar atau teks dalam situs mereka sebagai kategori atau topik. Jika tag dibuat untuk umum, halaman online yang bertindak sebagai layanan bookmark berbasis web dapat mengindeksnya. tag dapat dibuat menggunakan kata, akronim atau angka. Tag juga disebut penandaan, penandaan blog, atau bookmark sosial.

Social bookmarking adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep berbagi file (file sharing), sumber daya online tersebut tidak dibagi-bagi, melainkan hanya menjadi penanda bahwa sumber daya tersebut merupakan referensi mereka.

Beberapa penjelasan tambahan dapat ditambahkan ke dalam penanda tersebut dalam bentuk metadata, sehingga pengguna dapat memahami isi dari sumber daya tersebut tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Penjelasan tersebut dapat berisi teks, suara, atau tag yang berkolaborasi menjadi sebuah folksonomi. Folksonomi juga disebut tagn sosial, yaitu merupakan proses dimana banyak pengguna menambahkan metadata dalam bentuk kata kunci untuk berbagi konten.

16. Sosial News

Situs web berita sosial adalah situs web Internet yang menampilkan cerita yang diposkan pengguna . Cerita-cerita seperti itu diberi peringkat berdasarkan popularitas, yang dipilih oleh pengguna situs lain atau oleh administrator situs web. Pengguna biasanya mengomentari daring di kiriman berita dan komentar ini juga dapat diberi peringkat berdasarkan popularitas.

Situs-situs berita sosial telah digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis informasi, termasuk berita, humor, dukungan, dan diskusi. Semua situs web semacam itu memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten dan setiap situs berbeda dalam bagaimana konten dimoderasi.

Banyak situs web berita sosial juga menampilkan sistem komentar online, di mana pengguna mendiskusikan masalah yang diangkat dalam sebuah artikel. Beberapa situs ini juga telah menerapkan sistem pemungutan suara mereka untuk komentar, sehingga komentar paling populer ditampilkan terlebih dahulu. Beberapa situs web berita sosial juga memiliki fungsi jejaring sosial , di mana pengguna dapat mengatur profil pengguna dan mengikuti aktivitas online pengguna lain di situs web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *