Pentingnya Optimasi Gambar WordPress

Marketing Strategy Planning Strategy Concept

Gambar merupakan salah satu elemen paling penting yang tidak boleh luput dari perhatian. Karena dalam suatu artikel peran sebuah gambar sangat penting untuk menarik minat dari audiens atau pengunjung. Bayangkan sebuah website atau artikel tanpa gambar pasti akan terasa sangat hambar karena tampilannya tidak menarik dan kurang informatif bukan? Karena itulah, sebagian besar pemilik website pasti akan memasukan gambar ke konten mereka. Dalam hal ini, Anda harus menyertakan gambar dengan kualitas tinggi atau HD untuk menarik perhatian audiens. Disamping itu, gambar yang bagus juga akan membuat traffic website anda meningkat pesat. Untuk menikmati hasil yang signifikan, tentu saja Anda harus melakukan optimasi gambar WordPress terlebih dulu. Mayoritas pemilik situs WordPress mengupload dan menggunakan gambar yang tidak dioptimasi terlebih dahulu untuk kemudian dipasang di website, dan hal ini akan mempengaruhi tampilan serta peringkat website. Lewat tutorial ini, Anda bisa tahu kenapa optimasi ukuran gambar itu dibutuhkan. Selain itu, Anda juga akan mempelajari cara mengatur ukuran gambar WordPress.

Kenapa Sih Harus Optimasi Gambar di WordPress?
Jika anda gagal atau lupa mengoptimalkan gambar di wordpress, maka kecepatan website akan berkurang dan penggunaan berlebih pada bandwidth. Tahukah Anda bahwa gambar ‘memakan’ sejumlah space yang tidak sedikit? Berikut uraian tentang beberapa alasan mengapa harus optimasi gambar di wordpress

  1. Loading website menjadi lebih cepat
    Website yang memiliki kecepatan loading yang lambat atau lemot hanya akan membuat para audiens kecewa. Bounce rate nya akan meningkat dan pengunjung pada akhirnya tidak betah untuk berlama-lama dan segera beranjak dari situs Anda. Kalau sudah begini, tidak mungkin, kan, Anda berharap pengunjung tetap sabar dan menunggu sampai gambar anda terload semua dengan sempurna.
  2. Hanya membutuhkan sedikit Space
    Dalam keadaan normal, website Anda pasti tidak akan melebihi batas penggunaan yang telah ditetapkan oleh provider hosting. Namun, akan lebih baik lagi jika website Anda hanya menggunakan sedikit space supaya performa menjadi lebih cepat dan mulus. Bloat website akan menurun dan performa website secara otomatis akan meningkat. Anda pun bisa menghemat biaya server (jika Anda membayar berdasarkan biaya penyimpanan).
  3. Peringkat di Search Engine Akan Naik
    Google dan search engine lainnya ‘tidak menyukai’ website yang loadingnya lambat. Maka dari itu, Dengan mengoptimasi gambar performa website Anda akan meningkat. Begitu pula peringkat situs Anda. Dengan gambar yang telah dioptimasi, Google akan mengindeks dan menaikkan peringkat pencarian terhadap gambar Anda dengan lebih cepat, dan pastinya hal ini merupakan dampak positif untuk traffic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat