Jenis Format Instagram Ads

Instagram menjadi platform media sosial yang sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang di seluruh dunia. Sekarang sudah mencapai 1 miliyar lebih penggunanya. Data ini bagi para pebisnis online menjadi peluang besar yang menguntungkan untuk memasarkan produk/jasa mereka untuk dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang potensial. Dengan menyadari adanya peluang komersil yang bisa diperoleh tersebut, IG kemudian meluncurkan fitur terbaru yaitu Instagram Ads di bulan Oktober 2013. Tanpa membutuhkan waktu panjang, fitur ini segera dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai bagian dari strategi social media marketingnya. 4 tahun setelah Instagram Ads rilis ke pasaran, tepatnya di bulan Maret 2017, IG kini sudah memiliki 1 juta lebih pengiklan aktif.
Jenis Format Instagram Ads
Selanjutnya kita akan memahami jenis format iklan yang disediakan oleh platform ini, dengan begitu Anda bisa menyesuaikan jenis Iklan IG nantinya dengan kebutuhan promosi bisnis Anda. Ada 4 jenis yang bisa Anda manfaatkan dalam sosial media marketing yaitu Image Ads, Video Ads, Carousel Ads, dan Instagram Stories Ads. Mari kita bahas semuanya di bawah ini :

  1. Image Ads
    Image Ads merupakan jenis Instagram Ads yang mengandung konten gambar. Jenis ini menjadi jenis iklan yang paling mudah dan paling banyak digunakan oleh pebisnis online di seluruh dunia. Ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi ketika Anda memilih iklan berupa gambar yaitu format filenya harus jpg atau png. Ukuran gambar persegi dengan ukuran 1080 x 1080 piksel, resolusi minimal dari gambar yang diupload adalah 600 x 600 piksel dengan rasio 1:1. Untuk ukuran gambar Iklan IG landscape berukuran 1200 x 628 piksel, resolusi minimal dari gambar yang diupload 600 x 600 piksel dengan rasio 1:1. Dan teks pada gambar Iklan IG jumlahnya kurang dari 20% dari total ukuran gambar. Panjang caption yang direkomendasikan yaitu 125 karakter dari jumlah maksimal 2200 karakter.
  2. Video Ads
    Video Ads merupakan jenis Iklan IG yang mengandung konten video. Sama seperti Image Ads, iklan dalam bentuk konten video juga mempunyai beberapa persyaratan yang harus dipatuhi yaitu format videonya harus .mp4. Rasio aspek video yang dibolehkan untuk landscape 1.91:1, square 1:1, atau vertical 4:5. Resolusi video minimalnya 600 x 315 piksel untuk landscape, 600 x 600 piksel untuk square, dan 600 x 750 piksel untuk vertical. Durasi maksimal videonya 60 detik dengan ukuran file video maksimal 4GB. Frame rate-nya maksimal video sebesar 30 fps.
  3. Carousel Ads
    Carousel Ads merupakan jenis Iklan IG yang mengandung 3-5 gambar yang bisa ditampilkan secara bersamaan dalam 1 iklan dengan bentuk slideshow. Pengguna IG bisa dengan mudah menggeser gambar iklan ketika mereka tertarik melihatnya lebih lanjut. Ada dua jenis iklan ini yaitu Carousel Image dan Carousel Video. Untuk Carousel Image, ketentuan yang harus dipenuhi yaitu rekomendasi ukuran gambar 1080 x 1080 piksel, rasio gambar 1:1, panjang maksimal teks headline 40 karakter, dan panjang maksimal teks deskripsi 90 karakter, serta panjang maksimal link deskripsi 20 karakter. Sedangkan untuk Carousel Video, ketentuan yang harus dipenuhi yaitu resolusi video maksimal 1080 x 1080 piksel, resolusi video minimalnya 600 x 600 piksel, durasi video minimal 3 detik maksimal 60 detik, dan ukuran file video maksimal 4GB, serta frame rate maksimal 30 fps.
  4. Instagram Stories Ads
    Instagram Stories Ads merupakan jenis Instagram Ads yang memungkinkan pebisnis untuk memilih beriklan dengan opsi format konten gambar (single image stories) dan konten video (single video stories). Ketentuan untuk konten gambar yang harus dipenuhi yaitu rekomendasi ukuran gambar 1080 x 1920 piksel dan rekomendasi rasio gambar 9:16. Ketentuan untuk konten video yang harus dipenuhi yaitu format file video .MOV, .MP4, .GIF, rekomendasi rasio ukuran video 9:16, durasi maksimal dari video 15 detik, dan rekomendasi resolusi video minimal 720p, serta ukuran video maksimal 2,3 Gigabyte.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat