Perancangan Website

Perancangan Website

Perancangan adalah suatu proses untuk membuat suatu website, baik yang berhubungan dengan internet ataupun tidak berhubungan. Sedangkan website adalah tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Dan website sering disebut juga dengan web atau Homepage.
Perancangan website harus diskripsi tentang website yang akan dibuat. Diskripsi ini kemudian akan menjadi bahan diskusi antara perancang website dan pengguna website. Tujuan dari perancangan website ini ialah untuk merancang kebutuhan website yang diinginkanoleh pemakai serta membuat gambaran yang jelas.

Langkah-langkah perancang website tersebut adalah:

1.Mengadakn survei untuk mengetahui kebutuhan pemakai
2.Membuat diskripsi kebutuhan website
3.Merancang desain mengimplementasikan model yang diinginkan oleh si pemakai
4.Melakukan implementasi dengan mempresentasikan dasain ke dalam program
5.Mengadakn uji coba yaitu menguji seluruh spsesifikasi terstruktur
6.Melakukan instalasi yaitu pemasangan perangkat sistem

Internet adalah sumber informasi yang ada di seluruh dunia. Dimana antara satu komputer dengan komputer lain didunia (world wide web) dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Internet merupakan forum global yang tidak dibatasi, sehingga semua manusia dapat saling bertukar informasi dan dapat memberdayakan informasi. Internet tersebut adalah suatu jaringan  antar komputer yang saling terhubung dengan media penghubung (misalnya satelit atau frekuensi radio) sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling bekomunikasi.Bahasa komunikasi dalam internet dikenal dengan TCP / IP (TransmissionConrol Protocol / Internet Protocol) jaringan internet sukses dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US Departement of Defense dalam proyek ARPANET (Advanced Research Project Network). Pada tahun 1990-an perkembangn internet mulai tumbuh dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, apalagi sejak diterapkannya TCP / IP (TransmissionConrol Protocol / Internet Protocol).

Pada tahun 1970 protokol inilah yang terus berkembang hingga sekarang dan standart dalam internet. Protokol adalah sekumpulan aturan berupa instruksi dalam bahasa mesin memungkinkan beberapa komputer dapat saling mengirim data dan menerima data, mengolah penetapan waktu secara konsisten serta mendeteksi terjadinya error. Sedangkan TCP / IP (TransmissionConrol Protocol / Internet Protocol) merupakan sekumpulan protokol yang mengatur komunikasi antar data komputer di internet. Komputer-komputer yang berhubungan ke internet berkomunikasi dengan protokol ini.

WORLD WIDE WEB (WWW)

Sebelum berkembangnya world wide web, internet umumnya hanya digunakan oleh kalangan akademi dari riset saja. Pada tahun 1993 muncul sebuah browser bernama MOSAIK. Sebuah browser world wide web dengan kemampuan grafik pada sebuah platform yang biasa digunakan oleh: X, PC / Windows dan Macinthos. Dan Mosaik mulai menampakkan hasilnya pada tahun itu juga. Perkembangan lalu lintas data world wide web tahun itu mencapai 342000% sementara perkembangan Gopher hanya 997%. Dunia bisnis dan media pun mulai memperhatikan dunia internet karena perkembangan ini. Hadirnya Mosaik ternyata menjadi titik belok perkembangan internet yang hanya digunakan oleh kalangan akademis dan riset yang digunakan oleh orang banyak untuk keperluan bisnis dan hiburan.

World wide web dan internet sangat berkaitan satu sama lain. Internet adalah suatu jaringan komputer global, sedangkan world wide web bukan sekedar jaringan tetapi didalamnya terdapat suatu aplikasi komunikasi dan sistem perangkat lunak.

HYPER TEXT MARKUP LANGUAGE (HTML)

HTML adalah suatu file teks biasa. Untuk membuat HTML, programmer biasanya menggunakan tool yang masih sederhana sekali yaitu Notepad. HTML memiliki tool-tool yang mempermudah penulisan, kode-kode tersebut tidak perlu dipakai. Kode-kode HTML ditampilkan dalm warna yang berbeda.

Pada tahun 1996. Macromedia meluncurkan Macromedia Dreamweaver untuk Macintosh dan Windows. Perkembangan Web yang begitu pesat mampu menampilkan berbagai animasi. Program animasi Web, future flash diakui Macromedia dan namanya diubah menjadi flash. Kehebatan flash dalam pembuatan animasi didukung oleh Dreamweaver yang berhasil melampaui ketenaran FrontPage.kode atau deskrip yang dituliskan diantara tanda kurung siku “<>” disebut sebagai tag. Tag <html> merupakan indikator yang memberitahukan bahwa informasi selanjutnya harus diinterpretasikan oleh browser sebagi dokumen HTML.

Tag <html> ini diakhiri dengan tag </html> sebagi indikator batas akhir dokumen html.

1.<HTML

Tag html merupakan tag dasar yang mendefenisikan bahwa dokumen tersebut adalah dokumen html. Tag ini dituliskan pada bagian pertama dan terakhir dalam suatu dokumen html.

2.<Title>

Tag title berfungsi untuk memberikan judul / title bar jendela tentang  topik dokumen web yang ditampilkan. Tag title ini berada di tag head.

3.<head>

Tag ini ditulis setelah tag html. Tag head berfungsi untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan.

4.<Paragraf>

Agar kelihatan rapi dan menarik, alangkah baiknya kalu tilisan-tulisan yang cukup panjang disajikan mengikuti kaidah-kaidah penulisan, misalnya satu pikiran utama tersimpan dalam satu paragraf. Untuk setiap paragraf harus dimulai dengan tag </p>. Anda bisa mengatur posisi yang diinginkan dengan menggunakan parameter ALIGN diikuti posisiyang diinginkan. Right untuk meratakan paragraf di kanan, left untuk meratakan posisi di kiri,justify untuk meratakan paragraf sesuai ukuaran halaman dokumen.

5.<body>

Semua informasi isi dokumen web yang akan ditampilkan dijendela browser dituliskan pada tool section. Tag body mempunyai beberapa parameter tambahan yang biasa digunakan pada tag body antara lain background ”image” berfungsi untuk membuat image sebagai gambaran background dokumen , bgcolor ”color” berfungsi untuk memberi warna background pada dokumen text ”color” berfungsi untuk memberi warna pada hyperlink yang telah dikunjungi, dan link ”color” berfungsi untuk memberi warna pada hyperlink yang aktif.

ACTIVE SERVER PAGES

adalah salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang diluncurkan sekitar tahun 1995. Active server pages merupakan suatu skrip yang bersifat server-side yang artinya  segala proses programnya dilakukan diserver sebelum dikirim ke client. Client akan menerima hasil output dalam bentuk HTML. Server-side merupakan kebalikan dari client-side, yang seluruh proses programnya dilakukan di client. Bahasa skrip standar yang digunakan oleh Active server pages adalah Microsoft VBScript dan Microsoft JavaScript. Pada client-side scripting, client juga menerima script untuk diproses ditempatnya. Dari uraian tersebut dapat kita simpulkan, server-side scripting memiliki kelebihan lebih aman untuk dikembangkan dibandingkan dengan client-side scripting.

Active server pages adalah suatu internet framwork yang dapat digunakan untuk membuat web dinamis. Tidak disangkal lagi bahwa aplikasi yang banyak digunakan adalah Active server pages. Active server pagesyang berhubungan dengan database, baik menggunakan Microsoft Access database hingga SQL sever ORACLE database. Scripting yang paling banyak digunakan dalam menulis Active server pagesadalah VBScript.

Active server pages berjalan di dalam lingkungan Internet Informasi Server 2.0 ke atas dan Personal Web Server (PWS). Internet Information Server dijalankan dengan sistem operasi Windows NT Workstation dan Windows 2000baik profesional, server Advanced server dan data center, semuanya menggunakan Internet Information Server 5.0. Segal jenis browser compatible dengan Active server pages karena Active server pages dijalankan di server dan hasil pemprosesannya dalam bentuk plain text.

1.Anatomi Halaman Active server pages dapat dipisahkan menjadi tiga bagian,yaitu:

a. Active server pages Objects sebenarnya lebih tepatnya Component Object Model, bukan bahasa pemrograman yang sering dilihat dan didengar. Active server pages hanya terdiri atas enam object yang sangat sederhana, tetapi karena digabungkan dengan struktur teknologi Microsoft lainnya,object ini sangat berguna. Keenam object tersebut adalah Aplication, Session, Respone, Request, Server dan ObjectContext.

b. Bahasa Scripting di dalam bahasa scripting object-object Active server pages dimanipulasi dengan apa yang dikehendaki. Bahas scripting yang diberikan oleh Microsoft adalah VBScript dan JVScript. Keduanya dapat dipakai untuk menulis script Active server pages. Tetapi yang biasa digunakan atau standartnya adalh VBSCRIPT dan bahasa ini yang paling banyak dipakai oleh developer Active server pages di seluruh dunia. Pihak ketiga yang kini mengembangkan PerlScript, Favorit dari mereka yang berpengalaman di Unix jika menggunakan bahasa selain VBSCRIPT, maka harus diberikan pengenal pada baris teratas sebuah halaman Active server pages sebagai berikut: <%@LANGUAGE=bahasascript%>

c.Active Server Component Object Active server pages adalah hanya sebuah penghubung antara HTML dengan program yang diserver.

2. Web Database seperti sistem database yang lain, web database juga merupakan sistem penyimpanan data yang dapat diakses oleh bahasa pemrograman tertentu. Web dabase dapat diakses oleh aplikasi web yang tentunya lebih bersifat umum. Web database dapat diakses oleh aplikasi-aplikasi web yang dikembangkan dengan kontrol ActiveX, HTML tag dan pemrograman yang bersifat server-side melalui CGI, microsoft IIS (Internet Information Server), atau skrip yang bersifat server-side seperti Microsoft Active Server Pages (ASP).

Untuk menginterigasikan database ke dalam aplikasi yang dapat diakses pengguna menggunakan web browser yang menjadikan suatu database bisa menjadi web database. Dan web database dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Struktur Data berisi dan akan dioperasikan / di proses saat program dijalankan.

Susunan data yang biasanya terdiri dari:
1.Name
2.Type
3.Width
4.Decimal

Type Data pada garis besarnya adalah:
1.Kumpulan dari nilai
2.Kumpulan dari instruksi

Type Data terbagi dua
1.Atomic
Sifat umum terdapat pada semua bahasa pemograman, tidak bisa diuraikan
2.Struktur
Sifat khusus tidak terdapat pada semua bahasa pemrograman, bisa diuraikan

Hirarki adalah untuk menyimpan begitu banyak data. Hirarki memiliki lima tingkat terdiri dari:
1.Register : bagian terkecil dari memory
2.Cache Memory : satuan utama dari register yangbberfungsi untuk menyimpan data
3.Main Memory : memory utama untuk sistem-sistem level entri hingga yang tertinggi
4.Data Magnetic : media penyimpanan yang berukuran lebih besar seperti HDD, Disket / FDD, FlashDisk,CD
5.Disk Pita dan Disk Optik : untuk menyimpan arsip

Uploding

Setelah kita selesai menyelesaikan website yang cukup panjang dan melelahkan maka sekarang kita pada akhir dari pembutan website. Kita akan membuat aplikasi yang sesungguhnya, situs yang dapat dilihat semua orang karena kita akan mengirimkan hasil kerja yang kita buat pada machine lokal kita ke server.

Karena tidak semua orang memiliki anggaran belanja sendiri untuk membuat situs yang memiliki domain. Lalu apakah manfaat program MX pada mereka? Kalu mereka bukan orang yang ahli dalm bidang designweb sedangkan mereka ingin membuat suatu situs yang tidak perlu bayar akan tetapi ia dapat menyalurkan hobbyna dengan selalu melakukan update pada situs yang ia buat. Jawabnya adalah bahwa MX memberikan kemudahan di dalam membuat aplikasi Ecommerce dan geocities siap membantu mempublikasikan tanpa harus mengeluarkan uang sepersenpun dalm membuat aplikasi web dan memaintanance web anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat