SEO atau Optimasi Website

SEO atau Optimasi Website

Search Engine Optimization biasa disebut SEO, atau juga bisa disebut optimasi website merupakan proses membuat suatu perubahan pada website untuk mendapatkan kepercayaan dari visitor agar peringkat website lebih tinggi dalam Search Engine Result Page (SERP). Menurut beberapa faktor, Search Engine Result Page akan mengevaluasi dan juga merelevansi website Anda dan keterbacaan konten website Anda sebelum memberikan posisi atau peringkat pada SERP. Semakin relevan mesin pencari dalam menentukan website Anda untuk pencarian, masemakin tinggi peringkat website Anda.

Ketika kita mempertimbangkan bahwa lebih dari 60% dari pengguna internet tidak akan memeriksa halaman berikutnya sebelum halaman pertama hasil pencarian, sangat penting untuk mengoptimalkan SEO ini untuk mendorong peringkat website  Anda setinggi mungkin. SEO untuk optimasi website ini sendiri terdiri dari beberapa faktor, yang termasuk faktor pemilihan kata kunci, menambah dan mengupdate konten, membuat search-engine friendly design, membangun sebuah atau beberapa links, dan menyelesaikan masalah teknis yang mungkin dapat membuat mesin pencari meninggalkan situs web Anda.

Ketika website milik anda tidak ditemukan oleh mesin pencari, maka website bisnis Anda hilang. Layanan SEO profesional ini dapat membantu anda untuk  meningkatkan relevansi situs yang pada akhirnya akan merangkak naik, menempatkan produk dan layanan Anda lebih dekat dengan pelanggan yang potensial. Dengan adanya kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak traffic yang berkualitas ke website Anda dengan biaya yang relatif rendah, SEO adalah bagian penting dari strategi pemasaran jual beli online anda.

Visibilitas mesin pencari juga dapat dicapai menggunakan automated search engine submission tools, yang secara teratur dapat mengirimkan alamat website Anda ke mesin pencari lokal dan direktori. Penggunaan tool ini dalam optimasi website dapat secara signifikan berdampak pada jumlah traffic ke situs Anda.

Mesin pencari selalu menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten website mana yang layak menempati peringkat teratas hasil dari pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari, seperti Google, Yahoo!, Bing, maupun Duckduckgo. Kita sebaiknya lebih memperhatikan algoritma pada web kita. Karena pihak dari Google menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia. Sehingga saat membicarakan bagaimana cara kerja SEO, maka algoritma Google lah yang menjadi patokannya.

Google biasanya selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil terbaik pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk penggunanya. Dari tahun 2011, setidaknya sudah ada delapan major update untuk algoritma Google.

Jadi yang harus dilakukan adalah selalu mengupdate tentang algoritma Google ini. Karena langkah optimasi yang berdasarkan algoritma lama dari Google tidak akan memberikan efek apa pun. Salah satu taktik lama yang dulu sering digunakan adalah Keyword Stuffing. Keyword stuffing adalah cara kerja praktik dengan memasukkan focus keyword sebanyak-banyaknya di dalam sebuah artikel. Taktik ini dulu cukup efektif, bahkan jika konten yang dibuat itu singkat dan tidak relevan sama sekali tetapi dengan focus keyword yang Anda masukkan maka konten bisa menjadi efektif dan relevan sendiri.

Namun, setelah pembaruan algoritma Google ini, sekarang ini taktik tersebut tidak lagi bisa menjadi efektif. Bahkan anda juga bisa terkena penalti dari Google jika konten anda ketahuan mempraktikkan Keyword Stuffing ini. Konten Anda bisa dianggap berisi spam jika terlalu banyak mengulang focus keyword dan tidak layak diperlihatkan oleh pihak Google.

Ada 8 indikator SEO berdasarkan algoritma Google terbaru, dari struktur URL hingga kecepatan website :

Search Engine Optimization (SEO) berguna untuk mengoptimalkan kinerja website di mesin pencari Google. Peringkat baik dan buruknya website, dengan SEO akan dapat terlihat dari keterlihatannya website di halaman pertama pencarian Google. Jika website Anda tak ditemukan di halaman pertama Google ketika orang lain mengetikkan keyword yang sejenis, bisa dikatakan SEO website Anda masih belum optimal.

Ada beberapa cara yang bisa membuat website seseorang populer di halaman pertamam pencarian Google, salah satunya dengan konten yang familiar dengan keyword yang dicari oleh orang lain. Terdapat metode berbayar untuk menjadikan website Anda populer di Google, tetapi itu tidak direkomendasikan. Terdapat banyak cara lain salah satunya yakni dengan menghubungi jasa SEO profesional untuk meningkatkan tingkat keterbacaan website Anda di Google.

Indikator Utama SEO

Untuk menentukan sebuah website yang baik secara SEO, Google menerapkan delapan indikator. Google terus memperbarui algoritma mesin pencarinya untuk memenuhi kebutuhan pencari. Perubahan algoritma Google juga membuat indikator SEO pun berubah. Namun, secara umum, ada 8 indikator utama yang memengaruhi tingkat SEO di Google.

Berikut ini 8 indikator utama SEO :

  1. URL yang Membentuk Webiste

Setiap website memiliki URL yang diawali dengan World Wide Web (www). URL yang mencakup keyword yang banyak dicari akan mudah ditemukan di halaman pertama Google. Misalnya Anda mempunyai bisnis jual beli emas, Anda bisa menggunakan URL www.jualbeliemas.com untuk menyediakan info bagi orang yang mencari kata kunci/keyword “jual beli emas” di Google.

  1. Menggunakan SSL dan TLS

SSL atau Secure Socket Layer kini digantikan fungsinya oleh TLS atau Transport Layer Security merupakan sistem kemanan yang dipakai dalam sebuah website. Google lebih menyukai website yang memakai sistem SSL/TLS karena dinilai secure alias aman. Di samping bar URL sebuah website biasanya ada logo gembok. Logo gembok yang terkunci menandakan website tersebut aman diakses.

  1. Konten

Konten atau isi website juga menjadi salah satu indikator SEO dari Google. Konten yang relevan dengan pencarian orang di Google akan memiliki SEO yang lebih baik dibandingkan yang tidak relevan. Misalnya, jika Anda membuat website tentang hobi memancing, pastikan konten yang Anda masukkan ke web juga yang berhubungan dengan memancing seperti alat pancing dan spot memancing terbaik.

  1. Search Intent

Orang umumnya mencari apa yang ia butuhkan dengan mengetikkan kata kunci. Google akan menerjemahkan kata kunci dengan menyediakan tujuan orang tersebut. Misalnya, jika Anda mengetik kata kunci “celana training”, Google akan menyediakan website penjual celana training, bukan apa pengertian celana training. Google mencari website yang sesuai dengan harapan orang lain.

  1. Kerapian Konten

Jangan berpikir bahwa Google akan suka dengan website yang menawarkan konten acak-acakan. Pastikan website Anda memiliki struktur konten yang rapi dan jelas. Selain itu, gunakan heading dan subheading untuk menandai poin penting dalam konten. Gunakan juga grafis atau video yang menarik dalam konten Anda. Keberadaan video dan grafis itu bisa memperindah konten website Anda.

  1. Meta Tags

Meta tags merupakan judul dan meta description dari sebuah website. Title tags merupakan judul dari konten yang Anda masukkan. Sementara meta description adalah rangkuman konten yang diindeks di search engine. Meta description terdiri dari 120-130 karakter dan berada di bawah judul dan URL artikel. Meta tags yang relevan dengan kebutuhan pencarian akan mudah ditemukan di Google.

  1. Backlink

Backlink adalah link website yang menjadi rujukan blog/website lain. Semakin banyak dijadikan rujukan oleh website lain, website Anda akan dinilai berkualitas oleh Google. Selain itu website yang menyertakan web Anda sebagai backlink juga akan dicek kredibilitas dan kualitasnya. Jika berasal dari website berkualitas, maka tingkat SEO akan tinggi.

  1. Kecepatan Loading Website

Website yang lemot alias lama diakses tidak disukai oleh Google. Website yang lama diakses itu kemungkinan besar bermasalah sehingga mendapat nilai SEO buruk dari Google. Intinya, semakin cepat loading website Anda, semakin baik keterbacaannya di indeks Google. Lakukan maintenance website untuk mengatasi masalah loading lama jika terjadi pada website Anda.

Manfaat Jasa SEO Profesional untuk Website Anda:

Jika Anda belum paham betul soal SEO untuk website, Anda bisa meminta bantuan kepada jasa SEO yang menawarkan pelayanan profesional. Selain memberikan konsultasi soal SEO, pihak penyedia jasa juga bisa membantu memperbaiki website Anda untuk meningkatkan SEO. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mempercayakan SEO website kepada jasa yang terpercaya, seperti:

  1. Meningkatkan Lalu Lintas Website

Dengan SEO yang baik, pengunjung yang mengakses website Anda akan bertambah. Hal itu akan menguntungkan apabila Anda memasang iklan di website sehingga ada pundi-pundi rupiah yang masuk ke kantung Anda. Selain itu, jika website Anda menawarkan jual beli, keuntungan bisa Anda dapatkan dengan banyaknya orang yang aware dengan website Anda.

  1. Posisi Pencarian Website Anda Tinggi

Sebelum mendatangkan pengunjung, SEO yang baik akan membuat website Anda terpampang di halaman pertama Google jika ada orang yang mencari keyword sesuai. Menempatkan website Anda di halaman pertama Google memang bisa dilakukan dengan cara berbayar, namun agency SEO bisa memberikan solusi yang lebih murah dan organik.

  1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Dengan memakai jasa SEO, Anda tak perlu repot-repot menghabiskan waktu mengutak-atik web Anda agar popular di Google. Anda bisa melakukan pekerjaan lain dan memercayakan urusan SEO kepada ahlinya. Anda bisa mengembangkan konten website Anda tanpa harus memikirkan masalah SEO. Waktu Anda bisa terhemat selain juga tak perlu menguras tenaga yang banyak.

  1. Menambah Kepercayaan Pengunjung

Website yang populer dan banyak diakses artinya mendapat kepercayaan dari pengguna internet. Hal tersebut tak terlepas dari tingkat SEO yang tinggi di Google. Jika sudah mendapatkan kepercayan, Anda harus mengelolanya agar tak mengecewakan pengunjung. Caranya, dengan memberikan konten yang menarik dan rutin diperbaharui. Pengunjung pun bisa setia pada website Anda dengan cara itu.

  1. Mendatangkan Pengunjung Baru

Website akan berkembang jika jumlah pengunjung terus bertambah. Salah satu upaya untuk menambah jumlah pengunjung baru yang datang ke website Anda adalah dengan memperbaiki SEO melalui layanan yang terpercaya. Jumlah pengunjung yang tertarik dengan konten Anda pun akan bertambah seiring angka SEO yang baik dan direkomendasikan oleh Google.

Jasa SEO profesional biasanya mematok harga yang sepadan jika dibandingkan dengan manfaat yang Anda rasakan. Anda hanya perlu menjelaskan kebutuhan yang diperlukan untuk website Anda. Misalnya, ketika Anda membuat website untuk berjualan, sampaikan target penjualan dan keuntungan yang telah Anda susun. Evaluasi penggunaan jasa SEO tersebut tiap bulan sekali.

Harga yang ditawarkan biasanya beragam antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Semakin mahal harga yang dipatok oleh agency SEO, biasanya disertai dengan garansi popularitas website. Anda bisa mendapatkan SEO untuk beberapa keyword tergantung kesepakatan. Selain itu, jasa penyedia SEO juga biasanya memberikan garansi bahwa website Anda akan menjadi nomor satu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat