Tips Sukses Jadi Selebgram

Menjadi selebgram merupakan salah satu pekerjaan jenis baru yang muncul di era digital saat ini. Mungkin beberapa dari anda sangat asing dengan istilah ini, namun bagi generasi milenial atau generasi muda saat ini, profesi ini merupakan pekerjaan yang cukup populer. Hal ini dikarenakan selebgram merupakan profesi yang memiliki penghasilan dalam jumlah fantastis, dan kerap memenuhi halaman aplikasi Instagram. Bahkan karena hal ini sampai memicu rencana kebijakan pemerintah yang ingin mengenakan tarif pajak khusus pada mereka yang berprofesi selebgram.

Apa itu Selebgram?
Selebgram merupakan singkatan dari selebritis dan Instagram yang artinya merupakan orang yang memiliki jumlah followers cukup banyak sehingga bisa memiliki nilai market value yang cukup tinggi. Seseorang dikenal dikatakan selebgram jika ia memiliki jumlah followers sangat banyak. Berapa jumlah minimalnya? Menurut CEO dari Sociabuzz, Rade Tampubolon saat diwawancarai oleh media Kompas, syarat seorang pengguna Instagram bisa disebut selebgram adalah memiliki lebih dari 20.000 followers. Apakah anda salah satunya? Penghasilan yang cukup tinggi merupakan salah satu alasan mengapa profesi cukup menarik ditekuni bagi generasi milenial. Ya rataan penghasilan seseorang yang menjadi selebgram itu berbeda – beda tergantung dari seberapa besar impact yang mereka berikan, namun kisaran per posting Instagramnya mulai dari 20.000 Rupiah hingga 70-an Juta Rupiah. Selain itu, profesi ini juga menyenangkan untuk dilakukan karena tidak selalu terikat kontrak kerja. Anda bisa lebih leluasa dan pegang kendali dalam memilih endorsement, menentukan tarif dan lain-lain. Lalu, Anda tahu target pasar Anda cukup besar, karena pengguna aktif Instagram di Indonesia sendiri yang berjumlah 22 juta pengguna. Itu masih belum termasuk pengguna aktif di seluruh dunia loh. Lalu bagaimana cara untuk menjadi selebgram yang sukses? Berikut ulasannya
Cara Menjadi Selebgram yang Sukses

  1. Membuat akun Instagram dan mendapatkan 100 followers pertama
    Cara pertama tentu dengan mendaftar Instagram. Lalu, Anda bisa mulai mencari followers. Anda bisa meminta bantuan teman Anda untuk cek profil Anda dan follow Anda. Tak hanya teman, jika memang Anda nyaman, silakan ajak juga anggota keluarga lalu promosikan akun Instagram Anda di berbagai platform media sosial lain yang Anda punya.
  2. Buat Bio yang unik dan memiliki kata kunci atau keyword
    Anda memang cuma punya batas jumlah kata 150 karakter untuk menceritakan tentang siapa Anda di kolom bio Instagram, tapi Anda harus bisa mengasah kreativitas Anda dan membuat orang tertarik untuk follow Anda hanya dengan bio singkat tersebut. Bio ini tidak boleh dianggap sepele, karena ini adalah gerbang pertama audiens untuk mengenali dan mulai memutuskan untuk mengikuti Anda.
    Jangan lupa tambahkan emoji yang bisa membuat hidup sekumpulan teks bio Anda. Buatlah bio Anda semenarik mungkin dan sekaligus mengandung kata kunci yang terkait postingan Anda secara keseluruhan. Misalkan Anda ingin jadi selebgram yang berfokus pada konten kuliner, maka tambahan kata “food lover” yang bisa jadi penjelas bagi orang – orang tentang siapa Anda dan konten apa yang bakal Anda posting secara keseluruhan.
  3. Mengelola hastag anda sendiri
    Menggunakan suatu hashtag itu sangat penting sebagai metode pemasaran. Karena dengan menggunakan hashtag, akan semakin banyak orang diluar pengikut atau followers anda untuk menemukan postingan dari akun instagram anda. Suatu Brand atau campaign ternama biasanya sudah memiliki hashtag yang unik, dibuat sendiri. Contohnya Tokepdia dengan #CobaDuluAja. Nah, Anda juga bisa menarik perhatian orang – orang dan mengumpulkan mereka pada fanbase Anda dengan satu hashtag personal. Misalkan Anda seorang selebgram kuliner bernama Andi, Maka anda bisa pakai #makanterusandi. Lalu hashtag ini Anda cantumkan di bio dan pada setiap postingan Anda.
  4. Buat visual yang rapi dan memanjakan mata
    Anda bisa menggunakan cara-cara yang sudah dilakukan oleh banyak selebgram terkena untuk melakukan hal inil, yaitu mengaplikasikan filter tertentu secara konsisten untuk memberi daya tarik visual dan juga sebagai ciri khas Anda sendiri. Gunakan aplikasi filter instagram seperti VSCO, Snapseed, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat