4 Istilah Website Yang Harus Anda Ketahui

Sebagai orang awam tentu akan membutuhkan waktu bagi kita untuk memahami berbagai istilah penting dalam website. Bahkan jika Anda tak memahami istilah tersebut kemungkinan nanti Anda akan sulit berdiskusi dan menyampaikan keinginan pembuatan website. Untuk menambah wawasan Anda, maka berikut ini akan dijelaskan 4 istilah tentang website yang penting untuk Anda ketahui.

Website atau Web
Website atau web saat ini sangat sering terdengar karena website maupun web semakin banyak diminati oleh masyarakat terutama untuk promosi. Akan tetapi siapa sangka masih banyak orang yang belum memahami istilah website atau web secara jelas. Perlu Anda ketahui bahwa website merupakan kumpulan dokumen yang tersusun menurut hirarki serta saling berkaitan satu sama lain. Biasanya jasa pembuatan website di Bali menyusun dokumen yang dimaksud ini dengan format php, html atau asp. Tentu saja hal ini akan membuat dokumen tersebut hanya bisa dibuka menggunakan web editor dan web browser. Bahkan secara umum dokumen tersebut disebut sebagai halaman web atau page.


URL (Uniform Resource Locator)
URL sering terdengar ketika berkaitan dengan upload maupun download. Perlu Anda ketahui bahwa URL merupakan rangkaian karakter yang akan menunjukkan alamat dari sebuah dokumen. Tak hanya berkaitan dengan website saja, ternyata URL juga berkaitan dengan penyimpanan folder pada koputer. Biasanya jasa pembuatan website di AjakOnline akan membuat URL yang mudah diakses oleh para pengunjung website.


Domain
Istilah domain memang sangat penting dalam pembuatan website. Bahkan jasa pembuatan website di AjakOnline selalu berupaya untuk membuat nama domain yang mudah diingat dan dicari oleh para pengunjung web. Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk identifikasi nama server komputer pada jaringan internet. Biasanya domain ini terdiri dari 3 sampai 4 komponen. Dimana masing-masing komponen memiliki makna yang berbeda. komponen tersebut diantaranya host yang merupakan tempat website dan diawali ?www?. Sedangkan komponen berikutnya adalah nama web yang bebas diberikan oleh pemilik web dengan bantuan jasa pembuatan website di AjakOnline. TLD atau Top Level Domain merupakan huruf akhir dari nama domain tepatnya setelah tanda titik. Untuk TLD ini terdiri dari dua jenis yaitu Global TLD diantaranya .com, .org, .net, dan lain sebagainya. Sedangkan Country Code TLD merupakan domain yang menyertakan nama negara misalnya .go.id, .web.id, .co.id, dan lain-lain. Ada pula subdomain yang biasanya diletakkan pada sebelah kiri TDL misalnya .wordpress, .blogspot, .jimdo, dan lain-lain.


Web Hosting
Web hosting merupakan pihak penyedia tempat kita akan menaruh website tersebut pada internet. Biasanya web hosting juga menyediakan domain yang bisa disewa per tahun. Jasa pembuatan website di AjakOnline akan memilih web hosting terbaik untuk website Anda.
Itulah penjelasan mengenai 4 istilah tentang website yang penting untuk Anda ketahui. Bagi orang awam, penjelasan di atas akan sangat membantu terutama jika ingin memiliki sebuah website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat