Cara Membuat Instagram Ads

Instagram ads merupakan salah satu kegiatan iklan melalui konten yang berbayar di Instagram (IG) untuk menjangkau audience yang lebih banyak dan tertargetkan. Instagram ads sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, dan mengumpulkan leads baru. Jika Anda mengetahui soal sales funnel, Instagram ads juga dapat membantu untuk memindahkan leads yang sudah ada ke bawah funnel yaitu pembelian. Instagram ads merupakan platform visual, sehingga iklan berupa teks bukan pilihan yang tepat dalam memasang iklan di Instagram. Anda membutuhkan gambar dan video untuk membuat iklan supaya bisa menarik perhatian audience jika Anda menggunakan Instagram ads. Menurut Instagram sendiri, 60% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka menemukan produk-produk baru dari IG . Selain itu, 75% lainnya mengatakan bahwa mereka berkeinginan untuk melakukan sebuah action setelah mereka melihat potensi dari postingan di IG. Sama seperti halnya Facebook ads, mengeluarkan sedikit uang untuk mempromosikan postingan Anda dapat membantu meningkatkan exposure brand Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat postingan Anda.
Cara Membuat Instagram Ads
Anda membutuhkan akun Facebook untuk dapat mulai membuat Instagram Ands Anda. Ada lima cara yang bisa Anda coba untuk memulai iklan di Instagram, yaitu melalui :
Aplikasi Instagram sendiri
Facebook Ads Manager
Facebook Power Editor
Facebook’s Marketing API
Instagram Partners
Dari kelima cara di atas, cara yang paling mudah yaitu melalui Facebook Ads Manager. Sedangkan Facebook Power Editor dan Facebook’s Marketing API lebih cocok digunakan untuk keperluan membuat iklan Instagram dalam jumlah banyak di waktu yang sama. Instagram Partners diperuntukan bagi experts yang bisa membantu Anda untuk membeli dan mengelola ads Anda sambil membuat konten.
Membuat Instagram Ads Melalui Facebook Business Manager
Salah satu cara paling mudah untuk membuat Instagram Ads yaitu melalui Facebook Business Manager. Berikut ini langkahnya :

  1. Pilih Objektif Campaign Anda
    Pilihan pertama yaitu memilih objektif campaign Anda. Mengenai Apa tujuan iklan Anda?. Facebook akan membantu untuk menentukan format iklan Anda, bidding options, dan auto optimization supaya sesuai dengan objektif campaign Anda. Berikut ini adalah daftar objektif campaign yang tersedia di Facebook Ads Manager dan dapat digunakan untuk Instagram Ads :
    Brand awareness
    Local awareness
    Reach
    Traffic
    Engagement
    All installs
    Video views
    Lead generation
    Conversions
    Product catalog sales
    Store visits
  2. Berikan Nama Pada Campaign Instagram Anda
    Ketika Anda memberi nama pada campaign Instagram Anda, jangan lupa untuk menambahkan juga range tanggal supaya Anda bisa melakukan track dan mengelola campaign Anda dengan lebih mudah.
  3. Atur Target Audience
    Di bagian pengaturan ini, Anda memiliki dua opsi/pilihan :
    Buat target audience Facebook baru
    Menggunakan audience yang sudah Anda buat
    Jangan terburu-buru dalam menentukan target audience anda karena ini merupakan salah satu element penting dalam memasang sebuah iklan. Target audience juga akan menentukan biaya iklan serta keberhasilan iklan Anda.
  4. Atur penempatan iklan Anda
    Selanjutnya, Anda memilih beberapa pilihan untuk meletakkan iklan Anda. Berikut ini beberapa pilihannya :
    Facebook News Feed (Mobile dan desktop)
    Di bagian sebelah kanan Facebook
    Instagram
    Audience Network
    Instant Articles
    In-stream Video
    Tentu, untuk iklan ini, Anda akan memilih Instagram. Selain itu, Anda juga dapat memilih beberapa penempatan iklan untuk satu iklan. Berikut ini beberapa penempatan iklan yang direkomendasikan oleh pihak Facebook :
    Brand awareness : Facebook dan Instagram
    Engagement : Facebook dan Instagram
    Video views : Facebook, Instagram, dan Audience Network
    App installs : Facebook, Instagram, dan Audience Network
    Traffic (for web clicks dan app engagement) : Facebook dan Audience Network
    Product catalog sales : Facebook dan Audience Network
    Conversions : Facebook dan Audience Network
  5. Kelola budget dan bidding iklan Instagram Anda
    Mengatur dan menentukan budget dan bidding (tawar-menawar/nego) untuk iklan Instagram Anda merupakan salah satu faktor yang penting. Dalam bidding iklan, prosesnya sama seperti pelelangan tetapi dalam hal ini, Anda ingin mendapatkan perhatian dari pengguna sosial media. Ada tiga faktor yang berkontribusi ke biaya iklan Anda:
    Bidding iklan Facebook Anda. Semakin besar anda membayar iklan, FB akan semakin optimal dalam mendistribusikan iklan Anda. Anda tentu bisa memasukkan angka yang Anda inginkan, tetapi Anda juga bisa melakukan otomatis bids. Dengan otomatis bids, Anda mungkin akan mendapat harga yang lebih mahal. Tetapi, semakin berhasil iklan Anda, semakin murah harga biddingnya. Sehingga dengan otomatis bids, Anda bisa mendapatkan pendistribusian iklan yang lebih optimal.
    Relevance score. Setiap iklan yang Anda pasang di FB dan IG memiliki relevance score/nilai relevansi. Facebook menilai relevansi dengan melihat reaksi dari ads itu sendiri, baik positif maupun negatif. Dari faktor ini kemudian Google akan mengatur relevance score Anda. Relevance score ini mempunyai efek langsung ke biaya iklan Anda dan bagaimana FB memprioritaskan iklan Anda.
    Estimated action rates. FB juga dapat menentukan estimated action rates, yaitu estimasi/kemungkinan apakah seseorang akan mengklik setelah melihat iklan tersebut.
  6. Buat Instagram Ads Anda
    Setelah langkah-langkah diatas, Anda perlu memilih format Instagram ads apa yang diinginkan. Instagram telah menyediakan 7 format Instagram Ads :
    Single image ads – Format ads yang paling sering digunakan. Anda hanya membutuhkan sebuah gambar, caption gambar, dan tombol call to action (CTA).
    Instagram carousel ads – Format yang mengijinkan Anda untuk memilih sampai 10 gambar dan video.
    Instagram video ads – Format video atau GIF.
    Slideshow ads – Dengan format ini, Anda bisa memakai sampai 10 gambar lalu menambahkan music untuk membuat sebuah looping video.
    Instagram lead ads – Format ini membantu untuk mengumpulkan informasi berharga dari calon pelanggan tanpa membawa mereka keluar dari Instagram. Saat seseorang mengeklik sebuah iklan lead Anda, mereka akan diarahkan ke halaman baru dengan formulir prospek yang berisi nama dan detail kontak mereka (misalnya nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan lain sebagainya.). Jangan lupa untuk menyertakan privacy policy karena Anda akan mengumpulkan data melalui formulir ini.
    Instagram stories image ads – Setelah fitur stories dirilis, semakin banyak orang memanfaatkan stories untuk meletakkan iklan.
    Instagram stories videos ads – Format Instagram stories videos ini, Anda dapat mengunggah video berdurasi hingga 15 detik. Ini merupakan salah satu cara yang menarik untuk menampilkan produk, membangun branding, dan menarik audiens Anda untuk mengingatkan mereka tentang penawaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat