Cara Promosi di Instagram

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010, Instagram (IG) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media sosial dengan platform photo and video sharing yang dimiliki oleh Facebook ini telah menjadi primadona yang banyak di-install dan digunakan oleh banyak orang. Menurut statista.com, pengguna aktif Instagram mencapai 500 juta di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2016, pengguna aktif Instagram sekitar 22 juta menurut VP Facebook untuk Asia Pasifik, Dan Neary, seperti dikutip dari dailysocial.id. Dan, angka-angka itu bisa saja terus bertambah. Dengan data-data statistik tersebut, Instagram kini menjadi media sosial yang lebih populer dari Twitter. Bagi pemilik brand dan pebisnis online, Instagram merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mempromosikan produk-produknya dan meningkatkan omset penjualan. Apalagi dengan jumlah pengguna Instagram yang sangat banyak seperti disebutkan di atas.

Baca Juga : Mencari Follower Tertarget di Instagram

Bagaimana cara mempromosikan produk di Instagram? Pebisnis online tentu tahu bahwa untuk menjual produk secara online di Instagram membutuhkan waktu dan proses agar produknya dikenal dan mendapat pelanggan setia. Apalagi jika online shop itu baru saja berdiri yang memerlukan usaha lebih keras lagi dalam melakukan aktivitas promosi. Seperti tujuan utamanya sebagai media untuk berinteraksi satu sama lain, aktivitas promosi di Instagram perlu mempertimbangkan keterlibatan (engagement) brand dengan pengguna Instagram agar hasil yang diharapkan bisa optimal.

Cara-cara Promosi di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

1) Selalu update dengan mem-posting secara rutin

9 Cara Promosi di Instagram
9 Cara Promosi di Instagram

Ciri khas dari media sosial yaitu adanya linimasa (timeline) yang tampil pada halaman depan dan menampilkan posting-an terbaru atau terpopuler dari penggunanya. Demikian juga dengan Instagram. Mem-posting gambar atau video saja tidak cukup jika tidak di-update secara rutin. Jika tidak selalu update, maka followers toko online kamu kemungkinan besar bakalan lupa karena ada banyak foto dan video terbaru yang tampil di timeline.

Update foto dan video produk di Instagram nggak harus dilakukan setiap hari. Untuk memudahkan pekerjaan dalam mengelola akun online shop Instagram, kamu perlu membuat jadwal yang teratur. Jika tidak bisa update setiap hari, kamu bisa mem-posting gambar setiap 2 hari sekali pada jam-jam tertentu misalnya. Dengan senantiasa memperbarui posting-an di Instagram, maka followers akan teringat terus dengan online shop kamu. Jangan lupa pula untuk berinteraksi dengan mereka. Dan, siapa tahu mereka tertarik untuk membeli produk kamu suatu saat nanti dan jadi langganan setia.

2) Posting foto/video yang original dan menarik

9 Cara Promosi di Instagram
9 Cara Promosi di Instagram

Gambar mengungkapkan beribu-ribu kata. Pastinya kutipan terkenal itu pernah kamu dengar sebelumnya yang berlaku juga di medsos seperti Instagram. Meski, ada saja yang kurang sependapat dengan mengajukan pertanyaan seperti ini: Apa gunanya foto produknya bagus-bagus tapi gak ada yang mau beli? Toh, yang penting kan dagangan saya laris manis walau gambarnya seadanya hasil mencomot gambar dari internet.

Jadi, begini sob. Bisa saja pertanyaan di atas benar, namun gambar atau foto produk yang bagus tetap tak bisa dilupakan. Usahakan sebisa mungkin foto produk yang ditampilkan merupakan foto asli alias original hasil dari memotret produk yang sesungguhnya. Memotret produk yang bagus tidak bisa asal-asalan dan memerlukan teknik tersendiri. Perhatikan angle pemotretan dan komposisi objek serta pencahayaan yang pas agar foto produk yang dihasilkan memuaskan. Latar belakang (background) yang keren dan unik juga bisa meningkatkan kualitas foto produk.

Baca juga: 6 Jenis Aplikasi yang Perlu Di-install di Handphone Pebisnis Online

3)  Gunakan hashtag yang spesifik dan tertarget

9 Cara Promosi di Instagram
9 Cara Promosi di Instagram

Peran hashtag dalam upaya mempromosikan produk di Instagram tak bisa diremehkan. Dengan hashtag yang benar dan tepat, maka kemungkinan produk sobat ditemukan oleh pengguna Instagram lebih terbuka. Artinya, orang bisa tahu produk-produk yang kamu tawarkan dari hashtag yang kamu berikan pada saat mem-posting gambar/video.

Pastikan hashtag yang diberikan merupakan kombinasi kata-kata yang populer dan relevan dengan produk, misalnya: #jualkaosmurah, #celanapanjangcowok, #jamtangankeren, #lipstikbranded, dan sebagainya. Hindari penggunaan hashtag yang hanya sekadar numpang tenar dan nggak ada hubungannya dengan produk. Jika itu tetap nekat dilakukan, maka yang terjadi adalah: akun online shop kamu akan dianggap spam dan mengganggu para pengguna Instagram lain.

4) Posting di waktu yang tepat

9 Cara Promosi di Instagram
9 Cara Promosi di Instagram

Kapan waktu yang tepat untuk posting di Instagram? Mengunggah gambar dan video di Instagram perlu memikirkan waktu terbaik agar mendapatkan perhatian dan respon yang tinggi dari audiens. Siang hari antara jam 12 – 2 menjadi waktu yang bagus untuk menggunggah foto/video online shop kamu. Sore hari sekitar jam 5-an merupakan waktu yang sangat ramai dan bisa dimanfaatkan untuk meng-update foto produk.

Selain itu, ada waktu terbaik untuk memperbarui posting-an yaitu pada jam 6 – 9 pagi dan antara jam 8 – 11 malam. Tentu saja, waktu-waktu yang terbaik tersebut bisa saja berubah tergantung pada hari. Apakah hari kerja atau hari libur juga menjadi faktor yang mempengaruhi waktu terbaik untuk posting di IG. Agar lebih yakin, kamu bisa mempraktikkan sendiri atau dengan mencoba beberapa eksperimen yang mungkin saja berhasil mendapat respon positif dari calon pembeli.

5)  Gunakan selebgram untuk endorse produk

9 Cara Promosi di Instagram
9 Cara Promosi di Instagram

Pemilik akun IG yang nge-hits dan mempunyai followers sangat banyak yang mencapai ribuan hingga jutaan sering disebut dengan selebgram. Berkat kepopulerannya di IG, mereka menjadi layaknya seorang artis atau selebriti yang jadi primadona banyak orang. Para selebgram itu bisa saja orang biasa dan bukan artis beneran namun sangat populer di Instagram. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik online shop sebagai cara untuk mempromosikan atau endorse produknya lewat akun selebgram.

Endorse produk lewat selebgram menjadi alternatif yang sering dimanfaatkan bukan hanya oleh online shop dengan skala kecil menengah tapi juga brand-brand besar yang sudah terkenal. Hal itu bukannya tanpa alasan, rekomendasi dari teman atau orang yang dipercayai menjadi faktor yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian.

Sumber: bitebrands.co/2016/11/cara-promosi-efektif-instagram-pebisnis-online.html

Klik Disini Untuk Konsultasi Internet Marketing 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat