Sejarah Tentang Artikel

Sejarah Tentang Artikel

Artikel dalam bahasa Yunani adalah ἱστορία, historia yang artinya “mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian” dalam bahasa Arab juga تاريخ, tārīkh dan dalam bahasa Jerman: geschichte adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia, sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau histori dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Itu adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa ini. Istilah ini mencakup kosmik, geologi, dan sejarah makhluk hidup, tetapi seringkali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia. Para sarjana yang menulis tentang sejarah disebut ahli sejarah atau sejarawan. Peristiwa yang terjadi sebelum catatan tertulis disebut Prasejarah.

Sejarah juga dapat mengacu pada bidang akademis yang menggunakan narasi untuk memeriksa dan menganalisis urutan peristiwa masa lalu, dan secara objektif menentukan pola sebab dan akibat yang menentukan mereka. Ahli sejarah terkadang memperdebatkan sifat sejarah dan kegunaannya dengan membahas studi tentang ilmu sejarah sebagai tujuan itu sendiri dan sebagai cara untuk memberikan “pandangan” pada permasalahan masa kini.

Cerita umum untuk suatu budaya tertentu, tetapi tidak didukung oleh pihak luar (seperti cerita seputar Raja Arthur) biasanya diklasifikasikan sebagai warisan budaya atau legenda, karena mereka tidak mendukung “penyelidikan tertarik” yang diperlukan dari disiplin sejarah. Herodotus, abad ke-5 SM ahli sejarah Yunani dalam masyarakat Barat dianggap sebagai “bapak sejarah”, dan, bersama dengan kontemporer Thucydides, membantu membentuk dasar bagi studi modern sejarah manusia. Kiprah mereka terus dibaca hari ini dan kesenjangan antara budaya Herodotus dan Thucydides militer yang berfokus tetap menjadi titik pertikaian atau pendekatan dalam penulisan sejarah modern. Dalam tradisi Timur, sebuah riwayat negara Chun Qiu dikenal untuk dikompilasi mulai sejak 722 SM meski teks-teks abad ke-2 SM selamat.

Pengaruh kuno telah membantu penafsiran varian bibit sifat sejarah yang telah berkembang selama berabad-abad dan terus berubah hari ini. Studi modern sejarah mulai meluas, dan termasuk studi tentang daerah tertentu dan studi topikal tertentu atau unsur tematik dalam penyelidikan sejarah

Artikel adalah sebuah cerita karangan pendek, yang isinya berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, artikel merupakan cerita atau karangan yang membahas tentang tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran penulis terhadap pembacanya untuk sebuah realitas, baik itu berupa fakta, konsep atau pendapat-pendapat tertentu.

Menulis artikel tidak bisa sembarangan kalimat dibuat menjadi karangan artikel. Artikel mempunyai peraturan-peraturan tersendiri dalam membuatnya. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel adalah apa jenis artikel yang ingin anda buat. Jika anda tidak tahu jenis artikel apa yang anda tulis, maka sulit diharapkan artikel anda akan berhasil menarik minat baca pengunjung karena artikel anda belum jelas format dan tujuannya.

Langkah-langkah menulis artikel secara umum :

  1. Tentukan temaartikel yang akan dibuat. Tema yang dipilih haruslah tema yang bersifat Semakin spesifik tema tersebut maka semakin menarik minat baca pengunjung.
  2. Tetapkan tujuan penulisanartikel. Dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, artikel tersebut tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan berwujud makna yang tersirat.
  3. Rumuskan ide pokok atau masalahartikel. Biasanya perumusan masalah artikel berwujud kalimat dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan sederhana. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak berwujud tersurat tetapi terwujud dalam bentuk kalimat-kalimat tersirat dibalik alur tulisan
  4. Kembangkansuatu tema dan pembahasan tersebut sesuai dengan jenis artikel yang dibuat.
  5. Buatlah kesimpulanartikel. Membuat kesimpulan merupakan kegiatan yang mudah. Anda bisa membuatnya dengan mudah dan baik jika logika atau alur artikel anda benar sesuai urutan pembahasan.

Jenis-jenis artikel :

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak. Banyak yang menjulukinya sebagai artikel bergambar. Sebab seratus persen artikel ini berisi gambaran keadaan, kejadian, peristiwa.

Cara penulisan artikel deskripsi :

  1. Tentukan objekpembahasan artikel, baik itu berupa objek keadaan atau konsep yang akan dideskripsikan.
  2. Tentukan juga tujuan penulisansecara
  3. Tentukan rumusan ide pokok artikel secara
  4. Buat coretan-coretan sepenggal tulisan pembahasan artikel.
  5. Kembangkan beberapa tulisan tadi menjadi urut-urutankalimat yang membentuk sebuah paragraf.
  6. Tutup dengansebuah paragraf yang menyimpulkan semua obyek yang dideskripsikan tadi.

2. Artikel Narasi

Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian.Banyak yang menamainya sebagai artikel cerita.

Seperti cerita novel, cerpen, komik, dongeng, film, drama, dll), dalam artikel narasi harus ada penokohan, seperti dalam cerita pada umumnya. Sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang bergulat dengan masalah dan berkonflik dengan kehidupan. Dan ia berusaha memenangkan pergulatan tersebut. Adanya konflik kehidupan membuat tulisan jenis ini menarik minat baca. Sebab bila tidak ada konflik, maka sebuah narasi akan menjadi hambar.

Cara penulisan artikel narasi  :

  1. Tentukan temaartikel.
  2. Tentukan tujuanartikel berwujud kalimat
  3. Tentukan rumusan ide pokokartikel tersebut berwujud kalimat
  4. Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: awal – tengah – akhir. Bagian awal buatlah pembukaan yang menarik,bagian tengah gambarkan pergulatan hidup sang tokoh sampai pada puncak konflik atau klimaks, pada bagian akhir sudahi dengan anti klimaks dan penutup.
  5. Setelah itu, buatlah anti klimaks sebagai penutup.

3. Artikel Eksposisi

Jenis artikel ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik pembahasan. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu. Banyak yang menyebutnya sebagai artikel pameran.

Banyak yang menyebutnya sebagai artikel pameran karena ciri khas artikel ini adalah memamerkan poin-poin, urut-urutan angka, tahap demi tahap langkah, menjajarkan definisi, dll. Terkadang terdapat unsur opini pribadi dalam artikel jenis ini, terkadang tidak, terutama pada penjabaran definis ilmiah.

Cara Penulisan Artikel Eksposisi :

  1. Tentukan temaartikel tersebut.
  2. Tentukan tujuan artikel berwujud kalimat
  3. Tentukan rumusan ide pokok artikel berwujud kalimat
  4. Kembangkan tulisan-tulisan tersebutsesuai tujuan. Jika karangan ditujukan untuk menjelaskan pengertian, maka kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan definisi atau proses. Bila anda ingin menjelaskan cara, buatlah tahapan-tahapan dari awal sampai akhir secara sistematis. Bila anda ingin menjelaskan kegunaan, buatlah kegunaannya satu persatu. Dan bila karangan ditujukan untuk menjelaskan proses, maka detilkan prosesnya.
  5. Berikan kesimpulanartikel yang dibuat.

4. Artikel Argumentasi

Artikel ini merupakan karangan yang berupa gabungan beberapa opini (pendapat pribadi, oranisasi atau lembaga).  Penulisan artikel ini dilatar belakangi oleh suatu  kritikan terhadap suatu pendapat, keadaan atau kebijakan. Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi atau kelompoknya kedalam tulisan secara fulgar, tentu dengan data atau fakta yang sangat mendukung. Sehingga pendapatnya bisa menarik dukungan dari pembaca. Banyak yang menyebutnya sebagai artikel pendapat.

Cara Penulisan Artikel Argumentasi :

  1. Tentukan masalah/ temaartikel.
  2. Tentukan tujuan berwujud kalimat
  3. Tentukan rumusan masalahartikel berwujud kalimat
  4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat sendiridan juga dapat melemahkan pendapat orang lain.
  5. Berikan kesimpulan

5. Artikel Persuasi

Artikel jenis ini terkenal juga dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya bersifat membujuk alias persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti sesuatu dan sebaliknya meninggalkan sesuatu. Banyak yang menyebunya sebagai artikel bujukan.

Artikel ini biasanya banyak digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis, pengambil kebijakan dan siapa saja yang ingin menggiring khalayak untuk mau, rela, antusias, bersemangat mengamini dan tidak menolak apa yang mereka tawarkan.

Cara Penulisan Artikel Persuasi :

  1. Tentukan masalah/ temaartikel.
  2. Tentukan tujuan berwujud kalimat
  3. Tentukan rumusan ide pokok artikel berwujud kalimat
  4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat menggerakkan pembaca untukmengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan.
  5. Berikan kesimpulan

6. Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs search engine seperti gooogle. Ia bukanlah suatu jenis artikel tersendiri. Ia adalah artikel yang ditujukan khusus untuk menulis online di blog atau situs. Jenis artikelnya sama seperti artikel yang sudah saya sebut di atas. Artikel SEO bisa berupa deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi atau persuasi. Hanya saja butuh pengaturan tertentu agar mesin pencari, seperti google, mudah merayap dan menandai tema sebuah situs atau blog.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat